mengobati penyakit bule pada tanaman cabai

Asalamualaikum wrwb
Pada kesempatan ini akan saya uraikan bagaimana cara menyembuhkan tanaman cabai yang terserang penyakit bule atau virus gemini kata orang pandai.Dimana di tandai dengan warna daun yang hampir semuanya berwarna kuning .Jika sudah terserang bule ini maka bunga layu dan rontok sebelum menjadi bakal buah.
Menurut pengamatan saya penyakit ini sudah ada sejak tahun 1995 silam.Namun sangat jarang di temui.Mungkin hanya sebatang dua batang tiap hektarnya.Dan para petani tidak trrlalu memperhatikannya.Mungkin itu hanya penyakit kelainan saja.
Pada tahun 2005 penyakit ini sudah mulai Populer di masyarakat.Semua obat pabrik sudah di gunakan dan hasilnya nihil.Sehingga petani hanya bisa pasrah menerima kenyataan ini.Putus asa tanpa ada upaya untuk menyembuhkannya.
Persepsinya kalau bule sudah menyerang berarti tidak bisa di obati.
Nah langsung saja tidak usah banyak Bacot langsung saja  saya jelaskan cara mengobati penyakit bule ini.
pertama kita persiapkan bahannya
1 tetes tebu 1 liter
2 pupuk urea 5 kg
3 pupuk phoska 5 kg
4 pupuk Za 5 kg
5 pupuk Npk mutiara 5 kg
6 pupuk kcl 5 kg
sebaiknya anda perlakukan dulu untuk SATU POHON dulu.setelah ada kemajuan dan tau hasilnya,,baru perlakuan semua pohon yang terserang bule.
setelah anda melihat gejala bule kocor tanaman dengan menggunakan SATU GELAS AIR di beri 2 sendok teh urea + 2 sendok phonska + 1 sendok npk mutiara aduk rata lalu kocorkan ke satu pohon yang bule.
seminggu kemudia kocor lagi dg 5 sendok tetes tebu + 2 sdt za + 2 sdt kcl
Seminggu kemudian kocor lagi dg 10 sdt tetes tebu + 3 sdt urea + 3 sdt kcl + 2 sdt npk
seminggu kemudian kocor lagi dg 3 sdt urea + 3,sdt phonska + 2 sdt kcl.
nah pada kocoran ke 3 dan ke 4 akan nampak perubahan.dari semula daun berwarna kuning total berubah menjadi hijau di pucuknya.ulangi sampai semua daun berubah menjadi hijau semua.tentunya di iringi spray dgn bahan abamextin.
nah begini saja uraian dari saya semoga bermanfaat buat sedulur tani .amin
ingak ingak TIDAK ADA PERUBAHAN TANPA DAYA UPAYA.KITA BERUSAHA TUHAN YANG MENENTUKAN
wasalam..

Comments