9 tanda ginjal bermasalah

SELAMAT DATANG 1 dari 10 orang dewasa atau lebih dari 20 juta orang mengalami gagal ginjal kronis.
Ada sembilan gejala ginjal bermasalah yang perlu segera Anda periksakan ke dokter, sebelum bertambah parahSebenarnya apa fungsi ginjal dalam tubuh?
Ginjal Anda adalah salah satu organ kecil dalam tubuh Anda, tapi memiliki tugas yang besar yaitu untuk menyaring racun-racun dalam tubuh Anda setiap hari. Kenyataannya, ginjal harus menyaring kurang lebih 20-150 liter darah untuk menghasilkan kurang lebih 1-2 liter urine (air kencing), yang terdiri dari bahan-bahan tidak berguna dan cairan berlebih.
Setiap ginjal memiliki sejuta penyaring kecil yang dikenal dengan nefron. Normalnya, setiap orang lahir dengan dua ginjal. Ginjal berbentuk seperti kacang merah dan terletak di kanan dan kiri di bawah tulang iga Anda.
Berikut ini 9 gejala ginjal bermasalah yang tak boleh Anda abaikan.
1. Perubahan warna kencing
Ini merupakan gejala ginjal bermasalah yang utama. Jika Anda memiliki perubahan-perubahan berikut, lebih baik Anda segera memeriksakannya pada dokter Anda:
  • -Perubahan tekanan aliran kencing saat buang air kecil
  • -Beragam gangguan saat buang air kecil
  • -Kencing berbusa
  • -Warna kencing lebih gelap diikuti dengan frekuensi buang air kecil yang jarang atau sedikit-sedikit
  • -Warna kencing yang pucat dengan frekuensi buang air kecil yang banyak
  • -Keinginan untuk buang air kecil yang sering, bahkan di malam hari saat Anda sudah tertidur.
2. Bengkak berlebihan
Karena ginjal Anda bertanggung jawab untuk menyaring cairan dalam tubuh Anda, maka cairan-cairan yang tidak tersaring ini akan membuat tubuh Anda membengkak.
Pembengkakan ini terutama terjadi pada tangan dan kaki Anda.
Di sisi lain, protein dalam urine merupakan pertanda jelas bahwa ginjal Anda dalam masalah dan tidak dapat menyaring dengan baik. Jika hal ini terjadi, penyaring-penyaring pada ginjal akan membiarkan protein masuk bercampur dengan urine.
Orang dengan masalah ginjal biasa mengalami bengkak pada mata (puffy eyes), yang dikarenakan banyaknya protein pada urine.
Selain itu terjadi juga pembengkakan pada persendian.
Baca juga: 
3. Sesak napas
Ketika ginjal Anda bekerja keras, cairan akan menumpuk pada ginjal bahkan berada di jaringan tubuh Anda lainnya seperti paru.
Penumpukan cairan di paru inilah yang membuat Anda sesak napas. Kurangnya oksigen dalam darah membuat tubuh Anda sulit berfungsi maksimal sehingga menyebabkan napas menjadi terengah-engah dan memburu.
4. Kemerahan pada kulit (skin rashes)
Ketika tubuh Anda dipenuhi oleh racun, akan muncul berbagai proses pada tubuh yang terjadi untuk menghilangkan racun-racun tersebut.
Salah satu caranya adalah melalui pori-pori kulit. Hal ini muncul berupa kemerahan, gatal, dan kering pada kulit.</ Krim kulit dan salep memang dapat membantu mengurangi gejala yang timbul pada kulit, tetapi hal ini tidak menyembuhkan masalah pada ginjal Anda.
5. Rasa besi pada mulut
Rasa tidak enak di lidah atau mulut bisa juga jadi gejala ginjal bermasalah.
Terkadang, tubuh Anda akan terlalu banyak dipenuhi racun sehingga Anda dapat merasakannya secara langsung. Orang dengan ginjal yang tidak bekerja secara optimal, akan merasakan rasa besi pada mulutnya.
 Hal ini juga memicu ke napas yang bau tidak sedap (halitosis) dan menurunnya nafsu makan.
6. Kurang konsentrasi dan pusing
Ketika ginjal Anda tidak dapat menyaring racun dengan baik, oksigen akan sulit disuplai ke seluruh tubuh, terutama ke otak.
 Hal ini memicu terjadinya pusing, kurang konsentrasi, daya ingat yang lemah, dan kepala yang terasa kliyengan.
7. Nyeri pada punggung belakang (nyeri pinggang)
Nyeri pada punggung belakang sangat mungkin menjadi gejala ginjal bermasalah
 atau adanya infeksi pada organ sekitarnya. Nyeri ini dapat sebagai akibat dari adanya batu ginjal maupun infeksi saluran kencing.
8. Lemas
Pada orang sehat, ginjal akan memproduksi EPO (erythropoietin), yang dapat meningkatkan sel darah merah dalam darah Anda. Sel darah merah ini akan membawa oksigen ke bagian-bagian tubuh Anda. Nah, kurangnya EPO pada ginjal yang bermasalah membuat kadar oksigen berkurang sehingga dapat menyebabkan lemas.
Lemas yang sudah kronis juga merupakan gejala dari anemia.
Sehingga penting untuk Anda membicarakannya dengan dokter apabila badan atau otot sering lemas tanpa sebab yang jelas.
9. Mual dan muntah Karena zat sisa yang beracun berkumpul dalam darah Anda, hal ini dapat menyebabkan terganggunya pusat rasa muntah di tubuh sehingga terjadilah mual dan muntah.
Mual dan muntah juga merupakan pertanda terjadinya infeksi saluran kencing, sehingga ada baiknya Anda segera menemui dokter. Terutama jika
Anda juga merasakan adanya nyeri pada punggung belakang dan juga perut.

Di ambil dari sumber terpercaya

Comments